Cara Membuat Pakan Lele Apung

bahan-pakan-lele-apungSebelum mulai membuat pakan lele apung untuk umur  untuk umur 30 hari sampai panen kita harus mempersiapkan kotoran ternak / veses yang sudah menggunakan pola HCS dalam pemeliharaanya atau kita bisa ternak sendiri untuk memenuhi kebutuhan pakan lele. Ternak bisa berasal ternak sapi, kambing maupun ayam yang nantinya kita gunakan sebagai bahan utama membuat pelet ikan lele. Kotoran ternak yang sudah mengguanakan pola HCS yaitu SOC sangat bagus karena dalam kandunganya akan memicu pertumbuhan mikro plankton yang sangat berlimpah dan memikili gizi tinggi bagi ikan lele sehingga akan mempercepat pertumbuhan dan panen juga lebih meningkat serta menghemat biaya pakan yang selama ini jadi kendala.

Baiklah mari kita mulai cara membuat pakan lele apung untuk usia 30 hari sampai panen yaitu dengan cara-cara sebagai berikut :

Bahan-bahan untuk membuat pakan lele:

  1. Feses ternak yang sudah pakai SOC 30%
  2. Ampas tahu/bungkil kedelai 15%
  3. Tepung ikan (bisa pakai kepala udang) 10%
  4. Katul/dedak halus 25%
  5. terasi (direbus hingga mendidih) 10%
  6. Tepung daun (bisa pakai sisa sayuran pasar) 5%
  7. Bulu ayam (haluskan) 5%
  8. SOC
  9. Gula pasir

Cara membuat pakan lele apung

Setelah didapat ukuran bahan baku yang pas tersebut di atas, campur semua bahan baku sampai tercampur benar. larutkan SOC 1 tutup (untuk 10 kg bahan) ke dalam air secukupnya tambahkan gula pasir sebanyak 2 sendok makan diamkan selama 15 menit lalu campurkan ke semua pahan sampai rata dan setelah dicampur dalam keadaan memel diteruskan proses fermentasi selama 24 jam. pakan siap diberikan pada lele. agar lebih awet cetak pelet dengan menggunakan gilingan daging dan dijemur sampai kering pada hari itu juga.

pelet-lele-apungSemua bahan dalam bentuk tepung dan kering kecuali ampas tahu/bungkil kedelai harus dalam kondisi basah yang berguna sebagai perekat. Ampas tahu dan tepung bulu ayam ini juga berguna agar pellet bisa mengapung.  Tambahkanlah tepung kepala udang untuk membuat ikan suka memakan pellet tersebut, karena aroma tepung kepala udang disukai oleh ikan. Menurut pelatih, jika akan menggunakan tepung ikan, janganlah memakai ikan asin tapi pakailah ikan biasa yang dikeringkan untuk kemudian dibuat tepung

Gampang bukan! Silakan ada coba mungkin pengalaman ini bermanfaat bagi Anda para peternak lele karena semakin rendah biaya pakan otomatis keuntungan akan semakin meningkat pula. SOC HCS bisa anda dapatkan di Stockist HCS atau para mitra HCS atau langsung menghubungi kontak kami, silakan order sekarang juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s